Blog tentang berbagai bisnis, artikel wiraswasta, bisnis rumahan, bisnis sampingan, berbagi pengalaman, ide, tips, dan strategi seputar bisnis.

Selasa, 25 Februari 2014

Bisnis Peralatan Kuliner Yang Marak Di Pasar

Bisnis Peralatan Kuliner

Perkembangan bisnis kuliner semakin pesat. Bisnis kuliner masih menjadi salah satu primadona bisnis yang banyak dilirik orang. Tak heran kondisi itu membuat usaha pendukungnya juga ikut berkembang, salah satunya produk peralatan kuliner. Peluang pasarnya juga masih terbuka lebar, apalagi dengan hadirnya beragam menu kuliner inovasi baru, bahkan pelaku usahanya banyak yang kewalahan menerima orderan. Seperti apa peluang bisnisnya dan apa saja inovasi terbarunya?
peluang usaha

Peluang Usaha Bisnis Peralatan Kuliner. Pesatnya perkembangan dunia usaha kuliner tak lepas dari berbagai terobosan yang dihadirkan dengan maraknya tren menu-menu baru. Kondisi ini turut memacu berkembangnya usaha peralatan kuliner yang wajib ada untuk membuat berbagai menu baik masakan, kue-kue hingga minuman. Tak heran jika peluang bisnis peralatan kuliner cukup menjanjikan apalagi dengan maraknya usaha kuliner rumahan. Jika dulu peralatan kuliner banyak dibutuhkan oleh kalangan rumah tangga, katering hingga pabrik roti, kini semakin banyak pelaku usaha kuliner rumahan yang turut mendukung berkembangnya usaha peralatan kuliner yang bisa dibuat seperti loyang untuk membuat roti tawar, burger, lidah kucing, hingga cake.

Strategi Pasar
Untuk memasarkan peralatan Kuliner, pelaku usaha bisa menawarkan kekalangan pasar tradisional, pasar modern, toko bakery hingga pabrik roti dengan sistem titip jual. Selain itu bisa menawarkan sistem keagenan dengan pemberian diskon harga dalam jumlah tertentu dan juga mempromosikan lewat website.

Persaingan usaha peralatan kuliner terutama dengan produk impor asal Korea, Taiwan hingga China. Namun menurut joko Ibrahim, produk peralatan kuliner skala rumahan produksi lokal kalah bersaing, karena dengan harga jual sama, kekuatannya lebih unggul. Kalaupun ada selisih harga namun tidak signifikan.Peralatan impor tampilannya bagus namun dari daya tahan jauh lebih bagus produk lokal.

Saat ini produsen peralatan kuliner memang banyak dijumpai di pulau Jawa sedangkan  diluar jawa masih jarang, dengan sentra produksi terutama di jawa timur danjawa tengah yang mudah memperoleh bahan baku berupa limbah seperti aluminium, hingga stainless steel. Karena itu peluang pasar untuk berkembangnya usaha ini diluar jawa cukup menjanjikan. Semoga terinspirasi. Artikel yang lainnya membahas mengenai bisnis Cindramata.

Bisnis Peralatan Kuliner Yang Marak Di Pasar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BELAJAR PHOTOSHOP | VIDEO TUTORIAL PHOTOSHOP