Blog tentang berbagai bisnis, artikel wiraswasta, bisnis rumahan, bisnis sampingan, berbagi pengalaman, ide, tips, dan strategi seputar bisnis.

Senin, 21 April 2014

Bisnis Gift atau Cindramata Yang Semakin Marak

Peluang Usaha Bisnis Gift atau Cindramata

Bisnis Cindramata

Bisnis Gift atau Cindramata merupakan salah satu produk yang bisa menjadi simbol cinta kasih, hadiah ulang tahun, atau kejutan kepada seseorang yang spesial. Selain itu gift juga merupakan bentuk ucapan terima kasih kepada orang yang dituju. Karena itulah produk gift selalu berkembang dengan model-model yang menarik. Sehingga diharapkan memberikan kesan yang mendalam kepada si penerima. Semakin unik klasik model sebuah gift akan semakin berkesan di hati penerimanya.

Sebagai tanda terima kasih, kejutan atau ungkapan perasaan, gift atau cindramata selalu hadir. Lain halnya dengan souvenir yang diproduksi lebih massal dan bersifat lebih umum, gift lebih bersifat personal. Karena itu model gift lebih mengarah pada model-model yang lebih unik dan eklusif dibandingkan produk souvenir. Prospek bisnis gift semakin cerah seiring dengan keinginan orang untuk memberikan kejutan dan tanda terima kasih atau ungkapan kasih sayang pada momen-momen tertentu.

Peluang Usaha Bisnis Gift atau Cindramata. Pelaku usaha harus membuat gift yang menyesuaikan momen tertentu. Misalnya saat momen valentine, sebaiknya membuat produk gift yang modelnya disesuaikan dengan moment tersebut. Tak hanya itu pelaku usaha juga harus terus menggali kreativitas karena karena konsumen tentu akan mencari model gift yang unik dan menarik serta tidak pasaran. 

Perkembangan gift dipasaran saat ini banyak dibanjiri oleh produk asal impor khususnya dari Cina, yang hadir dengan berbagai model unik, seperti misalnya jam tangan dengan tali kepang berbentuk bulat, boneka, lampu karakter yang bisa dijadikan tempat permen dan lain-lain. Namun gift produk lokal juga tak kalah bersaing dengan kualitas dan model yang memiliki ciri khas. Bahkan produk gift lokal memiliki kekuatan dari desain atau model yang menyesuaikan selera sesuai keinginan pemesan, sehingga lebih terkesan eklusif. Selain itu modelgift produk lokal dibuat dari berbagai bahan murah dan produksi secara handmade yang tentu saja memiliki ciri khas tersendiri alias tidak pasaran.

Pentingnya kemasan. Kemasan juga merupakan hal yang harus diperhatikan bagi pelaku usaha gift karena bisa membuat produk tampak lebih eklusif dan terkesan mewah. Kemasan yang digunakan bisa berupa mika, kaca, plastik bening, dengan penambahan unsur aksesoris seperti aneka pita dari bahan satin, organdi dengan warna keemasan, kertas krep, dll.

Strategi Pemasaran. Dalam memasarkan gift, pelaku usaha harus memperhatikan segmen pasar yang dituju, misalnya jika gift tersebut merupakan produk fungsional seperti produk flasdisk maka harus menyasar kalangan anak-anak sekolah atau kampus dengan memasarkan produk di pameran atau bazar di kampus atau sekolah, atau juga bisa melakukan kerjasama dengan toko alat tulis. Begitu juga gift berupa buket bunga yang bisa dipasarkan di toko-toko bunga atau pasar modern, selain itu pelaku usaha bisa mempromosikan produk melalui internet, jejaring sosial, kerjasama dengan toko kerajinan atau souvenir.

Paling untung. Dari berbagai model gift yang tidak pasaran, baik dari bahan balon, bahan kain, hingga kayu dan karet produk gift yang masih jarang di pasaran bisa meraih keuntungan lebih besar karena harga jual produk lebih tinggi. Tak heran jika dari bisnis gift ini pelaku usaha bisa meraup omset hingga ratusan juta rupiah, palagi bisa menyediakan banyak varian jenis gift. Melihat besarnya minat masyarakat terhadap kreasi gift dengan model-model terbaru, mendatangkan peluang besar bagi pelaku usaha untuk menghadirkan produk gift model baru yang tak pasaran, bahkan bisa jadi pelopor. Artikel selanjutnya Bisnis Obat Herbal yang banyak dicari.

Bisnis Gift atau Cindramata Yang Semakin Marak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BELAJAR PHOTOSHOP | VIDEO TUTORIAL PHOTOSHOP