Blog tentang berbagai bisnis, artikel wiraswasta, bisnis rumahan, bisnis sampingan, berbagi pengalaman, ide, tips, dan strategi seputar bisnis.

Minggu, 19 April 2015

Peluang Usaha Sparepart dan Aksesoris Motor

Bisnis Sparepart dan Aksesoris Motor. Semakin banyak pengguna motor ikut meningkatkan kebutuhan sparepart dan aksesoris motor. Ditngah persaingan bisnis penjualan sparepart dan aksesoris motor yang tampil dengan suasana nyaman, dilengkapi fasilitas lebih seperti bengkel dan jasa pemasangan sparepart dan aksesoris kini semakin menarik minat konsumen. Lalu bagaimana strategi agar bisnis tersebut semakin berkembang dan bagaimana kiat menjalankan bisnis ini?
peluang usaha bisnis sparepart dan aksesoris motor


Peluang Usaha Bisnis Sparepart dan Aksesoris Motor. Pertumbuhan pengendara sepeda motor di Indonesia setiap tahun terus meningkat. Kebutuhan akan efesiensi waktu dlam berkendara, membuat motor menjadi alat tranfortasi yang paling diminati masyarakat saat ini. Menurut Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI), Indonesia merupakan pasar paling potensial penjualan sepeda motor. Perkembangan sepeda motor tersebut akan terus mengalami peningkatan dan masih jauh dari titik jenuh. Hal ini membuktikan, prospek bisnis bidang otomotif ini akan tetap cerah dan tahan lama.

Pengguna motor yang semakin membludak, turut menguntungkan bagi pelaku bisnis yang menawarkan berbagai kebutuhan motor seperti sparepart dan aksesoris motor. Potensi bisnis sparepart motor masih cukup besar mengingat populasi kendaraan bermotor semakin meningkat. Bahkan dari data AISI tahun 2011, jumlah penjualan sepeda motor di Jakarta saja, saat ini sudah mencapai 60 juta unit dengan peningkatan 12,5-15 persen pertahunnya. Dengan demikian kebutuhan akan sparepart akan turut terdongkrak.

Peluang Usaha Sparepart Motor

Seperti bisnis lainnya, bisnis penjualan sparepart dan aksesoris motor ini tidak luput dari persaingan, dan para kompetitornya bukan hanya dari pelaku bisnis sejenis tetapi juga dari pelaku bisnis sejenis tetapi juga dari dealer resmi merek kendaraan bermotor tersebut, seperti Yamaha, Honda, hingga Suzuki. Menurut Suhari Sargo, pengamat otomotif, saat ini dealer resmi memang sudah banyak dan diminati para pengendara sepeda motor karena adanya jaminan kualitas sparepartnya dari pihak dealer resmi. 

Namun hal tersebut tidak serta merta mematikan bisnis di luar dealer resmi yang bergerak dalam bidang penjualan sparepart dan aksesoris motor tersebut. Hal ini dikarenakan keunggulan dari dealer non resmi, yang menawarkan berbagai pilihan produk baik lokal ataupun impor dengan harga variatif. Kelebihan lainnya, bisnis penjualan sparepart dan aksesoris motor diluar dealer resmi juga menawarkan berbagai sparepart atau aksesoris motor yang sudah dimodifikasi untuk mempercantik  kendaraan bermotor, seperti knalpot racing ataupun velg warna-warni. Dan, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumennya. Untuk masalah harga produk dealer resmi dan dealer non resmi, tidak jauh berbeda, karena semuanya tergantung dari kualitas produk yang ditawarkan. Untuk memulai bisnis ini memang perlu merogoh kocek yang cukup banyak, karena digunakan untuk menyewa bangunan sebagai tempat penjualan serta pembelian ragam sparepart dan aksesoris sebagai barang jualannya. Bahkan tidak tanggung-tanggung bisa mencapai ratusan juta. Meski demikian, dari segi omset dan keuntungannya memang cukup menggiurkan. Jadi jika dihitung, pelaku bisnis bisa balik modal dalam kurun waktu maksimal enam bulan.

Promosi dan Pemasaran
Untuk mengawali bisnis ini, pelaku bisnis ada baiknya membuka link keberbagai komunitas pengguna motor, guna mempromosikan produk yang dijualnya. Hal ini dikarenakan anggota dari komunitas motor kerap memodifikasi agar terlihat lebih menarik, dan inilah target yang seharusnya disasar bagi pelaku bisnis yang menjual berbagai sparepart serta aksesoris motor. Selain menjual di dalam toko khusus sparepart, mempromosikan bisnis tersebut melalui jaringan dunia maya dan media cetak juga terhitung cukup membantu pemasaran bisnis ini lebih luas lagi.

Dengan melihat besarnya peluang bisnis penjualan sparepart motor ini, tentunya Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadikan bisnis penjualan sparepart motor dengan konsep baru ini sebagai bisnis yang masih menarik di saat sulit. Apalagi perkembangan pengguna  sepeda motor terus meningkat. Semoga terinspirasi. Artikel selanjutnya tentang bisnis pernak-pernik ulang tahun yang banyak di cari.

Peluang Usaha Sparepart dan Aksesoris Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BELAJAR PHOTOSHOP | VIDEO TUTORIAL PHOTOSHOP