Blog tentang berbagai bisnis, artikel wiraswasta, bisnis rumahan, bisnis sampingan, berbagi pengalaman, ide, tips, dan strategi seputar bisnis.

Rabu, 26 Februari 2014

Bisnis Pernak-Pernik Ulang Tahun Anak

Bisnis pernak pernik ulang tahun

Perayaan ulang tahun selalu ditunggu-tunggu terutama oleh anak-anak. Karena itu, orang tua pasti berupaya menyenangkan hati sang buah hati dengan membuat perayaan pesta ulang tahun yang meriah. Tak heran jika kondisi ini menciptakan peluang bisnis pernak-pernik kebutuhan pesta ulang tahun anak, mulai dari dekorasi ruang, kostum, suvenir untuk tamu undangan hingga kado ulang tahun. Ditengah membanjirnya produk impor pernak-pernik ulang tahun anak, pelaku usaha lokal masih bisa bersaing dengan menghadirkan produk pernak-pernik handmade yang menonjolkan unsur edukasi. Sejauh mana prospek usahanya dan apa saja jenis produk pernak-pernik ulang tahun anak yang saat ini menjadi tren?
peluang usaha


Bisnis Pernak-Pernik Ulang Tahun Anak. Pesta ulang tahun anak tidak akan meriah apabila tidak dilengkapi dengan berbagai pernak-pernik pesta. Pernak-pernik pesta dapat berupa apa saja, mulai dari dekorasi ruangan, perlengkapan busana anak maupun tamu undangannya hingga suvenir yang merupakan bagian terpenting dalam menambah semarak acara. Tak heran jika kebutuhan pernak-pernik anak prospeknya cukup menjanjikan, karena anak-anak pasti ingin merayakan pesta ulang tahun semeriah mungkin.

Tren.Saat ini pernak-pernik pesta ulang tahun anak sangat bervariasi jenisnya di pasaran. Tidak hanya produk lokal, tetapi produk impor dari cina juga semakin menambah persaingan yang ada. Tetapi yang menjadi persoalan adalah kualitas dan fungsional produk menjadi terbatas mengingat banyak pernak-pernik pesta ulang tahun anak yang dijual secara grosiran. Itulah sebabnya pelaku usaha home industri yang biasanya membuat produk inovatif secara handmade memiliki peluang pasar yang bagus karena minim persaingan. Untuk produk ulang tahun home industri sendiri sat ini yang lagi tren atau disukai konsumen adalah mengarah ke produk yang punya nilai tambah adanya edukasi dan unsur permainan untuk anak.

Strategi Pemasaran. Pemasaran pernak-pernik ulang tahun anak bisa dilakukan dengan cara konsinyasi pada toko aksesoris anak dan remaja. Yang terpenting adalah ada kesepakatan dalam pembagian keuntungan, retur produk, dan waktu pembayaran. Mengikuti pameran juga penting, mengingat dalam pameran interaksi antara pengusaha dengan konsumen dapat lebih intens. Hanya saja yang menjadi poin penting adalah tema pameran yang diikuti harus sejalan dengan produk yang diusung. Pelaku usaha juga harus memperhitungkan antara biaya sewa tempat dan target penjualan selama event pameran berlangsung. Sehingga resiko defisit dapat dihindari.

Pelaku usaha juga bisa memasarkan produk di booth-booth yang ditempatkan di mal-mal. Biasanya ketentuan penyewaan tempat untuk lokasi booth cukup mudah dan terjangkau. Hanya menghubungi pihak manajemen mal dan mengurus sejumlah administrasi. Harga untuk lapak booth di mal dari rp.5-10 juta perbulan disesuaikan dengan kelas malnya.

Untuk menjangkau pemasaran yang lebih luas lagi , pemasaran online dirasa juga sangat membantu. Karena selain mudah dan murah, informasi mengenai produk dapat diakses cepat dengan cakupan wilayah yang jauh lebih luas. Hanya saja yang menjadi kendala dalam teknik pemasaran ini adalah kepercayaan. Guna meyakinkan konsumen anda bisa menerapkan teknik sendiri. Diantaranya adalah harus selalu aktif dalam website yang dikelola, tergabung dalam grup atau komunitas portal dengan pelaku usaha sejenis. Selain itu juga bisa mencantumkan informasi tentang data diri dan detail produk secara terperinci.

Mengingat harga jual yang cukup murah, pelaku usaha bisa melakukan strategi untuk mendongkrak penjualan, misalnya dengan menetapkan minimal pembelian dalam jumlah tertentu, selain itu memberikan keringanan sistem  pembayaran secara tempo bila jumlah pesanan melebihi ketentuan yang ditetapkan produsen. Dengan begitu keuntungan yang bisa diraih cukup besar, hingga mencapai 45%. Semoga bermanfaat. Selanjutnya artike bisnis fesyen rumahan.

Bisnis Pernak-Pernik Ulang Tahun Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BELAJAR PHOTOSHOP | VIDEO TUTORIAL PHOTOSHOP